Sunday, March 27, 2011

Ketahuilah Tentang Tattoo Sebelum Anda Membuatnya

tattoo cewek sexyTattoo tubuh sepertinya sudah menjadi hal yang umum saat ini. Bila dahulu tato identik dengan dunia kejahatan, para pelaut & geng motor, maka saat ini tato sudah menjadi hiasan tubuh yang populer & digunakan oleh orang banyak.

Gambar yang digunakan bukan lagi hanya tengkorak, jangkar ataupun kapal perang, tetapi beragam mulai dari lambang tradisonal, design tumbuhan/hewan ataupun simbol pribadi untuk mengekspresikan diri.

Bila termasuk salah seorang yang berniat untuk membuat tattoo tubuh, maka sebelum pergi ke studio tattoo & membuat tattoo, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini.

Tattoo sendiri adalah luka dari tusukan, yang dibuat didalam kulit & kemudian diberi tinta. Tattoo dibuat dengan cara menusukkan jarum ke kulit & kemudian dimasukkan tinta ke wilayah tersebut.

Yang membuat tattoo menjadi tahan lama, adalah karena tinta tersebut dimasukkan bukan kedalam epidermis (lapisan teratas kulit yang, sering mengelupas & diproduksi lagi seumur hidup). Melainkan, tattoo dibuat dengan tinta yang dimasukkan kedalam lapisan dermis (lapisan kedua kulit), sel pada dermis cenderung lebih tetap, sehingga membuat tattoo menjadi permanen.

Menurut AAD (The American Academy of Dermatology) terdapat 5 jenis tato menurut fungsi & proses terjadinya, yaitu sebagai berikut :

Tattoo akibat bekas luka
Biasanya disebabkan karena adanya debu atau serpihan didalam kulit, sehingga akan timbul pigmentasi setelah lukanya sembuh. Tattoo ini biasanya terjadi karena luka akibat kecelakaan di jalan raya.

Tattoo amatir
Biasanya dibuat sendiri atau oleh teman & tidak terlalu mengedepankan fungsi artistiknya. Cara yang biasa dipakai adalah dengan menggoreskan jarum/peniti yang sudah diberi tinta kedalam kulit. Untuk pewarna yang bisa digunakan, dapat berupa tinta india, tinta pulpen, arang atau abu.

Tattoo profesional
Tattoo profesional dapat dibagi menjadi 2 bagian, tato modern & tato etnik. Tattoo etnik biasanya dibuat dengan metode etnik tertentu yang diwariskan secara turun temurun, seperti misalnya pada masyarakat dayak atau di pulau pasifik. Sedangkan tato modern, dibuat dengan menggunakan alat khusus pembuat tattoo, di studio tattoo oleh seniman tattoo. Pigmentasi yang terjadi dapat bervariasi melalui penggunaan beragam warna pada tattoo yang dibuat.

Tattoo medis
Biasanya digunakan untuk menggambar area tubuh yang akan diradiasi. Tattoo medis biasanya dilakukan oleh dokter.

Tattoo kecantikan
Digunakan untuk membuat make-up permanen, seperti eye liner, lip liner, lipstick, alis mata & rambut. Tattoo kosmetik juga dapat digunakan untuk menggambar puting payudara setelah melakukan operasi payudara, menyamarkan vitiligo (kelainan pigmen warna pada kulit) atau menutupi tato yang tidak diinginkan.